News Photo

Pembrevetan dan Penyerahan Sertifikat Selam A1 Kwarcab Kota Semarang

 Pembrevetan dan Penyerahan Sertifikat Selam A1 Kwarcab Kota Semarang


Sebanyak 24 anggota Pramuka Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Semarang telah dinyatakan lulus sertifikasi selam jenjang A1 dari Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jawa Tengah.


Mulai bulan Februari 2022, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Semarang telah melaksanakan seleksi guna menentukan peserra sertifikasi selam ini, sampai dengan bulan Mei, tersisa 24 peserta yang dinyatakan memenuhi syarat.


Untuk memperoleh sertifikat selam A1, ke 24 peserta yang telah dinyatakan memenuhi syarat harus melalui pelatihan selama 6 hari, yang terdiri dari pelatihan Pengetahuan Akademis Penyelaman (PAP), Latihan Keterampilan Kolam (LKK) selama tiga hari mulai 20-22 Mei 2022 di Kolam Renang Manunggal Jati Pedurungan Semarang serta Latihan Perairan Terbuka (LPT) selama tiga hari dari tanggal 27-29 Mei 2022 di Kepulauan Karimunjawa Jawa Tengah.


Penyerahan Sertifikat Selam dan pembrevetan dilaksanakan bersamaan dengan upacara penutupan kegiatan Perkemahan Wirakarya Daerah X dan Kah Bakti Gugusdepan Perguruan Tinggi 2022 Kwartir Daerah Jawa Tengah Minggu, 26 Juni 2022 di Buper Harda Walika Jatirejo Gunungpati Kota Semarang. 


Instruktur pada kegiatan sertifikasi ini berasal dari POSSI Kota Semarang yaitu Nur Hidayat. Nur mengatakan bahwa setelah lulus sertifikasi selam A1 memungkinkan mereka menyelam pada kedalaman maksimal 18 meter dengan kondisi perairan yang baik dan jernih.

Diharapkan setelah memperoleh sertifikat, mereka tetap berlatih untuk meningkatkan kemampuan dan menambah jam selam untuk naik tingkat ke jenjang selanjutnya.


Saat ini Kwarcab Kota Semarang telah mendirikan Klub selam bernama STINGRAY. Klub selam ini didirikan guna meningkatkan kualitas anggota yang sudah bersertifikasi serta menjaring anggota lain untuk bisa berlatih dan mengenal dunia bawah air sampai mendapatkan sertifikat selam.


@mount_dhar

Share This News

Comment